Sabtu, 26 Februari 2011

CIRI KHAS PROFESI DAN PROFESIONALISME

Di Zaman seperi ini kita harus mengetahui profesi kita saat ini. Menurut www. id.wikipedia.org/wiki/Profesi. Profesi merupakan pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut.
Profesi merupakan pekerjaan juga, namun tidak semua pekerjaan adalah profesi. Profesi mempunyai karakteristik sendiri yang membedakannya dari pekerjaan lainnya. Daftar karakterstik ini tidak memuat semua karakteristik yang pernah diterapkan pada profesi, juga tidak semua ciri ini berlaku dalam setiap profesi yaitu:
1.Keterampilan yang berdasar pada pengetahuan teoretis ;
2.Asosiasi professional ;
3.Pendidikan yang ekstensif ;
4.Ujian kompetensi ;
5.Pelatihan institutional ;
6.Lisensi ;
7.Otonomi kerja ;
8.Kode etik ;
9.Mengatur diri ;
10.Layanan publik dan altruism ;
11.Status dan imbalan yang tinggi.

Sedangkan profesionalisme adalah Seseorang yang memiliki suatu profesi tertentu. istilah profesional juga digunakan untuk suatu aktivitas yang menerima bayaran.
Ciri‐ciri dari profesionalisme adalah :
1.Punya ketrampilan yang tinggi dalam suatu bidang serta kemahiran dalam menggunakan peralatan tertentu yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas yang bersangkutan dengan bidang tadi.
2.Punya ilmu dan pengalaman serta kecerdasan dalam menganalisis suatu masalah dan peka di dalam membaca situasi cepat dan tepat serta cermat dalam mengambil keputusan terbaik atas dasar kepekaan.
3.Punya sikap berorientasi ke depan sehingga punya kemampuan mengantisipasi perkembangan lingkungan yang terbentang di hadapannya.
4.Punya sikap mandiri berdasarkan keyakinan akankemampuan pribadi serta terbuka menyimak danmenghargai pendapat orang lain, namun cermat dalammemilih yang terbaik bagi diri dan perkembangan pribadinya.

SUMBER ;

http://id.wikipedia.org/wiki/Profesi
http://mkusuma.staff.gunadarma.ac.id/.../files/.../W01-Pengertian+Etika.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar